Breaking News

*M. Altaf Kiram* : Bimbingan Teknis Penyusunan DPTb Untuk Pemilu 2024 Bagi Panitia Pemungutan Suara PPS

Acehonenews.co.id | Aceh Besar - Ketua Divisi Data Pemilih dan Informasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Darul Imarah, M. Althaf Kiram, memimpin acara Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) untuk Pemilihan Umum 2024. Acara ini digelar di Aula UDKP Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar pada Minggu, (13/08/2023).

Dalam Bimtek ini, dihadiri oleh sejumlah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Darul Imarah.  

Lebih lanjutnya, DPTb adalah Daftar Pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di sebuah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun karena berbagai alasan, pemilih tidak dapat menggunakan hak suaranya di TPS tempat mereka terdaftar dan perlu memberikan suara di TPS lain.

Dalam upaya menjaga proses pemilu yang adil dan demokratis, M. Althaf Kiram mengarahkan perhatian para peserta Bimtek untuk memahami pentingnya penyusunan DPTb yang akurat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

M. Althaf Kiram menjelaskan, DPTb memegang peran penting dalam memastikan bahwa setiap pemilih memiliki akses dan kesempatan untuk menggunakan hak suaranya. Melalui DPTb, pemilih yang berada dalam situasi khusus dapat tetap berpartisipasi dalam pemilihan tanpa hambatan.

Dalam sambutannya, M. Althaf Kiram juga mengingatkan Masyarakat Kecamatan Darul Imarah, yang berencana untuk pindah memilih agar memastikan bahwa nama mereka telah terdaftar dalam DPT.

Langkah ini dapat diambil dengan memeriksa status pemilih melalui situs resmi KPU di https://cekdptonline.kpu.go.id/.

"Kami sangat menghargai keterlibatan masyarakat dalam memastikan integritas data pemilih. Pastikan bahwa anda terdaftar di DPT. Jika Anda tinggal di wilayah Kecamatan Darul Imarah maupun di luar wilayah ini, dan berencana untuk pindah memilih, silakan melapor kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kampung masing-masing," ungkap M. Althaf Kiram.

Dengan semangat kerja sama antara PPK, PPS, dan masyarakat, diharapkan bahwa proses pemilu di Darul Imarah pada tahun 2024 akan berjalan dengan lancar, transparan, dan mencerminkan suara dan aspirasi rakyat.

  [ Brayen ]

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close