Breaking News

Jantar Masam Jeng Warnai HUT RI Ke- 78 di Kampung Bale Atu

Aceh Tengah-aceh.onenews.co.id

Dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke-78, Aparatur Kampung Bale Atu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah bekerja sama dengan karang taruna Kampung setempat menger lomba masakan khas gayo dan berbagai perlombaan lainya. Minggu 20 Agustus 2023.

Acara yang dibuka langsung oleh Camat Kecamatan Lut Tawar, Hardi Selisih Mara, ST.MT tersebut juga turut dihadiri oleh Danramil 01 Lut Tawar Lettu Inf, Henra Cipta, Waka Polsek Lut Tawar, Ipda Amizar, Ketua TP-PKK Kecamatan Lut Tawar dan sejumlah tokoh masyarakat Kampung Bale Atu.

Menariknya, Dari 10 macam perlombaan yang sedang berlangsung, ada satu perlombaan yang sempat membuat lidah tak tak dapat berhati bergoyang, pasalnya, adanya lomba masakan kuliner daerah seperti, jantar jaher masam jeng (Sayur ikan jaher asam pedas ) jantar jaher masam jeng pengat, ( sayur jaher asam pedas kering ) cecah bajek, ( sambel buah nangka yang masih pentil atau babal ) cecah empan, ( sambal buah Empan ) gutel, timpan dan masih banyak makanan kuliner dari dataran tinggi tanoh gayo yang tentunya membuat hasrat utuk segera mencicipinya,.

Hardi Selisih Mara, Camat Kecamatan Lut Tawar kepada media 1pena.co.id mengatakan, perlombaan ini digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesa yang ke-78,hal itu dilakukan guna untuk menanam rasa cinta terhadap tanah air dan sekaligus mengenang perjuangan para pahlawan Negara yang telah bersusah payah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekan Republik Indonesia ini, maka hari ini tugas kita hanyalah mengisi kemerdekaan,ucapnya.

“ Maka kegiatan ini dilaksanakan, yang pertama untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita, yang kedua kita harus mampu membangkitkan semangat pada masyarakat untuk bersama-sama memberikan yang terbaik untuk bangsa kita” ungkap Hardi Selisih Mara.

Sementara itu Yusra, Kepala Kampung Bale Atu kepada jurnalis media 1pena.co.id juga menyampaikan, kegiatan memeriahkan HUT RI ini biasanya dilakuan di setiap tahun, namun akibat adanya pandemi virus covid 19 yang melanda tanah air beberapa tahun yang lalu, maka baru tahun ini kami dapat ikut turut memeriahkan HUT RI yang ke 78 ini. Kata Yusra.

“ Saya berharap dengan adanya acara seperti ini nantinya para generasi muda yang akan datang dapat memahami makna kemerdekaan Republik Indonesia ini” ungkapnya.

Selain itu iya juga berjanji akan terus berusaha pada tahun  yang akan datang agar dapat selalu memperingati dan memeriahkan HUT RI sebagai bentuk upaya  penghargaan kepada para pahlawan kemerdekaan, jelas Yusra Kepala Kampung Bale Atu.

Masih ditempat yang sama, Khairul Fahmi selaku Ketua Karang Taruna Kampung Bale Atu yang juga ketua panitia perlombaan HUT RI ke-78 mengatakan, ada 10 cabang perlombaan yang digelar pada tahun ini, yang pertama iyalah lomba masakan khas gayo, selanjutnya lomba makan kerupuk untuk anak tingkat SD dan SMP, lomba balap goni,lomba tangkap ikan belut tingkat SD dan SMP, memancing botol untuk tingkat SD, memancing keranjang, main bola kain sarung untuk tingkat SD dan SMP , lari balon dan lomba tarik tambang, katanya.

“ Alhamdulillah antusias masyarakat Bale Atu cukup tinggi didalam memeriahkan HUT RI ke 78 ini “ ucapnya.

Iya juga berharap kedepannya pemerintah Desa dapat menganggarkan yang lebih besar lagi agar pemuda dapat membuat acara yang lebih besar dan meriah. Cetus Khairil Fahmi. ( p )


Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close