Breaking News

LPEI dan BSI Dorong Potensi Pelaku UMKM Ekspor di Wilayah Aceh

Takengon-aceh.onenews.co.id:

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank bersinergi dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Kementerian Perdagangan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pembiayaan Ekspor Syariah BSI dan Penjaminan Pembiayaan LPEI di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah 26 Juli 2023 secara hybrid. 

Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI, LPEI berkomitmen untuk terus mendorong ekspor nasional melalui penyaluran fasilitas Pembiayaan, Penjaminan dan Asuransi berorientasi ekspor serta program Jasa Konsultasi.

Dukungan yang diberikan bertujuan membantu para pelaku usaha di seluruh Indonesia agar mampu membawa produknya dari lokal mendunia.

Kolaborasi dan sinergi juga terus ditingkatkan melalui berbagai bentuk kerja sama dan program kegiatan antar lembaga. 

Kerja sama ini merupakan salah satu peran LPEI sebagai Lembaga Keuangan yang dapat memberikan fasilitas Penjaminan Pembiayaan kepada perbankan nasional maupun asing sehingga menjadi stimulus dan credit enhancer bagi perbankan untuk memberikan pembiayaan yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha  lokal khususnya eksportir. 


Analis Perdagangan Ahli Utama Kementerian Perdagangan RI, Marthin Kalit secara daring menyampaikan bahwa BSI dan LPEI menempatkan acara ini di Takengon sebagai langkah yang 

baik untuk mendekatkan diri ke pelaku UMKM ekspor sehingga informasi terkait program ini lebih cepat diterima. 


Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia memiliki keunggulan yang berpotensi untuk tumbuh di pasar global. Perkembangan 

kegiatan usaha daerah terutama para pelaku UMKM diharapkan dapat memberikan multiplier effect kepada kesejahteraan masyarakat sekitar melalui kegiatan ekspor sebagai penggerak ekonomi.


“Kegiatan ini menjadi wujud upaya LPEI dan BSI dalam meningkatkan pertumbuhan ekspor di wilayah Aceh. Harapan kami, program ini dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM ekspor pada 

aspek dukungan Pembiayaan berbasis syariah dan Penjaminan Pembiayaan sehingga potensi ekspor di Aceh menjadi lokal yang mendunia dapat terealisasikan,” ujar Rusdi Dahardin, Kepala Unit Usaha Syariah LPEI.


Retail Financing Business Deputy BSI, Syahrial Alrasyid menambahkan bahwa terdapat beberapa sektor yang bisa menjadi tulang punggung perekonomian baru di Aceh dan masih memiliki potensi besar untuk digarap oleh para pengusaha.


Sektor tersebut antara lain pertanian dan perkebunan yang bisa dijadikan bahan untuk ekspor serta sektor pariwisata yang bisa dijadikan alternatif.


“Saya melihat di Aceh ini banyak komoditas alam yang perlu bertransformasi sehingga memiliki nilai tambah, dengan proses hilirisasi saya rasa akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa di Aceh,” kata Syahrial Alrasyid dan ini bukan kali pertama.


Dengan membuka kesempatan bagi pelaku usaha berorientasi ekspor khususnya UMKM untuk dapat mengembangkan kapasitas bisnisnya, LPEI akan terus hadir untuk mendorong produk Indonesia yang menembus pasar dunia.

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close